Tiba-tiba Bos Nettflix Mengundurkan Diri, Ada Apa?



Suara.com – Netflix mengumumkan bahwa pendirinya Reed Hastings mengundurkan diri sebagai CEO di perusahaan pada hari Kamis (19/1/2023) dan akan menjabat sebagai ketua eksekutif. Hastings akan digantikan oleh co-CEO Ted Sarandos dan Greg Peters.

“Dewan kami telah membahas perencanaan suksesi selama bertahun-tahun (bahkan para pendiri perlu berkembang!),” tulis Hastings dalam postingnya dikutip dari CNN, Jumat (20/1/2023).

Hastings mendirikan Netflix (NFLX) pada tahun 1997 dan mengubah cara banyak orang untuk menonton film dan pertunjukan, pertama dengan bisnis DVD-by-mail dan kemudian dengan layanan video streaming.

Di bawah kepemimpinan Hastings, Netflix mendobrak perusahaan persewaan film lama seperti Blockbuster dan membantu mengguncang Hollywood dengan memulai perlombaan senjata dengan berinvestasi pada konten orisinal.

Baca Juga:
Siapa Percy Hynes White? Berikut Deretan Film yang Dibintanginya

Tahun lalu, kinerja Netflix baik saham dan reputasinya terpukul setelah kehilangan pelanggan di tengah meningkatnya persaingan dari layanan streaming saingan. Mensiasati hal tersebut Netflix pun melakukan diskon besar-besaran dari paket menonton yang ditawarkan.

Perubahan itu membuahkan hasil. Dalam laporan pendapatannya pada hari Kamis, streamer mengatakan telah menambahkan lebih dari 7,6 juta pelanggan selama tiga bulan terakhir tahun lalu, jauh di atas 4,5 juta tambahan yang diproyeksikannya, dengan total lebih dari 230 juta pelanggan yang membayar di seluruh dunia.

Diketahui perusahaan membukukan pendapatan lebih dari $7,8 miliar sepanjang tahun lalu, naik hanya 1,9% dari tahun sebelumnya tetapi sejalan dengan ekspektasi analis Wall Street. Untuk kuartal saat ini, Netflix memperkirakan pertumbuhan pendapatan sebesar 4%, sebagian didorong oleh peningkatan moderat dalam penambahan langganan bersih berbayar, pembalikan dari sedikit penurunan langganan selama kuartal pertama tahun lalu.

Sementara itu saham Netflix naik sekitar 6% dalam perdagangan setelah jam kerja setelah laporan Kamis.

“Reed Hastings mengundurkan diri dari perannya saat ini menimbulkan banyak pertanyaan tentang strategi masa depan Netflix,” kata Jamie Lumley, analis di perusahaan investasi Third Bridge, dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga:
Perkuat Lini Pertahanan, PSIS Semarang Rekrut Pemain Muda Berbakat Brandon dan Ikhsan





Sumber : Suara.COM

Join The Discussion

Compare listings

Compare