Penyebab Roy Suryo Pingsan Saat Diperiksa dalam Kasus Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi


Suara.com – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) diketahui pingsan dan muntah-muntah saat diperiksa di Polda Metro Jaya terkat kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo. Lantas, kenapa Roy Suryo Pingsan?

Menurut keterangan anggota kuasa hukumnya, Elza Syarief, menyatakan Roy pingsan dan muntah-muntah karena sulit tidur selama tiga hari. Sehari sebelum pemeriksaan di kantor polisi Roy bahkan tak tidur sama sekali. Itulah sebabnya kondisi kesehatannya menurun. Menjelang pemeriksaan, tensi Roy sempat meninggi hingga mencapai 160/90. 

Berdasarkan pemeriksaan dokter, imbuh Elza, Roy juga mengalami nyeri ulu hati, pusing, dan asam lambung sehingga perlu mengkonsumsi obat-obatan.

Akhirnya pemeriksaan terhadap Roy terkait kasus meme stupa Borobudur tersebut ditunda. Rencananya pemeriksaan akan dilanjutkan pada Kamis (28/7/2022) atau saat kondisi kesehatan Roy membaik. 

Baca Juga:
Polisi Lanjutkan Pemeriksaan Roy Suryo Pekan Depan

Seperti diketahui,  Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur yang dimiripkan dengan Presiden Jokowi.

Ilustrasi Roy Suryo. Roy Suryo diperiksa 11 jam kasus meme stupa Candi Borobudur di Polda Metro Jaya, Kamis (14/7/2022). [ANTARA]
Ilustrasi Roy Suryo. Roy Suryo diperiksa 11 jam kasus meme stupa Candi Borobudur di Polda Metro Jaya, Kamis (14/7/2022). [ANTARA]

Diketahui kasus itu memang jadi polemik ketika foto stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi diunggah oleh Roy Suryo lewat akun Twitternya, @KMRTRoySuryo2. Sejak saat itu Roy dilaporkan oleh banyak pihak terkait meme stupa tersebut. 

Kontroversi Roy Suryo bertambah setelah dirinya dituding sebagai salah salah satu pengunggah gambar meme tersebut. Padahal, dirinya hanya di-mention oleh pihak lain dan tidak menjadi pengunggah.

Di Polda Metro Jaya, Roy Suryo melaporkan tiga akun media sosial yang disebut sebagai pengunggah pertama meme tersebut.

Dia juga meminta maaf kepada umat Buddha dan mengklarifikasi tidak ada maksud melakukan tindakan pelecehan agama. Terlebih beberapa warganet mengaitkan kasus tersebut dengan kenaikan tarif Candi Borobudur menjadi Rp750.000 yang sempat menghebohkan media sosial. 

Baca Juga:
Terpopuler: Roy Suryo Tak Ditahan, Hasto PDIP Sebut Jakarta Alami Kemunduran Pasca Era Jokowi-Ahok

Roy Suryo kemudian dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 20 Juni 2022. Ia dilaporkan karena meme Candi Borobudur yang dianggap telah melecehkan umat Buddha.





Sumber : Suara.COM

Join The Discussion

Compare listings

Compare