Jelang Piala Dunia 2022, Riset Nielsen Beberkan Pemain Sepak Bola Paling Berpengaruh Sebagai Influencer



Suara.com – Nielsen InfluenceScope menyatakan Cristiano Ronaldo memimpin dalam daftar pemain sepak bola berpengaruh di Instagram yang akan berlaga dalam Piala Dunia 2022. Pemain sepak bola asal Portugal ini berhasil mengungguli Lionel Messi, Neymar, dan juga Kylian Mbappe.

Peringkat ini didapat dari pengukuran influencer Nielsen, InfluencceScope. Dengan memanfaatkan platform ini, Nielsen mampu mengukur jumlah dan pertumbuhan followers, engagement rate, serta rata-rata brand value dari tiap post yang ada di Instagram untuk menentukan pemain mana yang dapat memberikan Social Media Value tertinggi dengan biaya tertentu.

Cristiano Ronaldo, yang telah menjadi superstar global selama hampir 20 tahun dengan bermain untuk Manchester United, Real Madrid dan Juventus, mampu meningkatkan jumlah followers Instagramnya hingga dua kali lipat atau sekitar 47% dalam setahun terakhir.

Sedangkan penyerang Paris Saint-Germain yakni Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe berada di urutan setelah Ronaldo, masing-masing dengan nilai media rata-rata lebih dari $1 juta per postingan. Nilai media Messi lebih dari $2,6 juta per posting dan 358 juta pengikutnya berada di posisi kedua.

Baca Juga:
Influencer Bagikan Review Produk Skincare dari Kim Kardashian, Disebut Tidak Praktis dan Mahal

Sementara itu, superstar baru dan muda dari Brazil, Vinícius Júnior, yang berhasil mencetak gol kemenangan Real Madrid di final Liga Champions 2022, pengikut Instagram-nya meningkat 90% pada musim lalu, menjadi pertumbuhan tertinggi dalam peringkat 10 pemain paling berpengaruh dalam riset Nielsen.

N’Golo Kanté, yang baru saja memenangkan Piala Dunia, Liga Champions, dan Liga Premier, memiliki engagement rate tertinggi dengan para followersnya dalam peringkat Nielsen, yaitu 11%. Kanté menjadi satu-satunya pemain Liga Premier Inggris yang berhasil menembus 10 peringkat teratas Nielsen.

Kemudian, usia muda ternyata tidak menjadi syarat utama untuk dapat masuk ke jajaran 10 besar Breakthrough Players. Hal ini terbukti dengan masuknya gelandang Argentina, Rodrigo De Paul dalam usianya yang baru 28 tahun. Rodrigo telah lima kali masuk dalam jajaran ini setelah meningkatkan jumlah followersnya pada tahun lalu hingga 5 juta. Engagement ratenya memiliki nilai lebih dari 13%.

Marco Nazzari, Managing Director of International Sport Nielsen, mengatakan, “Dengan beragam atlet paling terkenal di dunia bersaing memperebutkan hadiah utama sepak bola, Piala Dunia, tentunya akan menarik perhatian hampir satu miliar orang. Acara ini memberikan peluang unik bagi brand untuk bermitra dengan pesepakbola yang tepat untuk secara efektif melibatkan target audiens mereka. Nielsen InfluenceScope mengevaluasi semua aspek pengaruh pemain tertentu sehingga brand dapat memastikan bahwa mereka menerima tingkat pengembalian yang sesuai berdasarkan investasi yang tepat.”

Baca Juga:
Ingin Jadi Influencer? Anda Harus Tahu Cara Mengembangkan Personal Branding





Sumber : Suara.COM

Join The Discussion

Compare listings

Compare