Jarang Dilirik, Ini 7 Ide Usaha di Bidang Pendidikan yang Tak Butuh Modal Besar



Suara.com – Menjadi entrepreneur tak selalu membutuhkan modal besar. Beberapa bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Misalnya di bidang pendidikan, menjadi guru les privat tentu tidak membutuhkan modal apapun kecuali kecerdasan.

Kamu tertarik berbisnis di bidang pendidikan? Berikut adalah ide usaha yang tak butuh modal besar, yang bisa jadi permulaan untuk kamu yang ingin berwirausaha.

1. Guru les privat

Inilah ide usaha pertama yang bisa kamu lakukan ketika ingin berkecimpung di bisnis pendidikan. Kamu bisa memulainya dengan mendatangi calon murid ke rumahnya untuk memberi les privat. Di sini kamu cuma butuh modal biaya transportasi saja. Dan untuk proses belajar mengajar, kamu bisa menggunakan buku tulis dan buku pelajaran milik siswa yang bersangkutan.

Baca Juga:
3 Ide Usaha Kuliner yang Menjanjikan, Ramai Pembeli!

2. Bimbingan belajar

Jika ada ruangan kosong di rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang belajar, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka bimbingan belajar kecil-kecilan. Mulailah dengan membuka satu kelas khusus mata pelajaran tertentu yang kerap jadi momok para siswa di sekolah, misalnya matematika dan bahasa Inggris. Selain modal ruangan, kamu juga butuh papan tulis, serta meja dan kursi.

3. Kursus online

Jenis usaha yang satu ini hanya butuh internet dengan kecepatan yang mumpuni. Mirip dengan les privat ataupun bimbingan belajar, Anda akan mengajari para siswa satu materi tertentu, hanya saja proses pembelajarannya dilakukan secara online.

4. Jasa antar jemput sekolah

Baca Juga:
4 Jenis Usaha Menjanjikan Tahun 2022, Bikin Ruang Kerja Work From Anywhere

Kesibukan para orang tua terkadang menjadi kendala saat harus mengantar dan menjemput anaknya sekolah. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat bisnis jasa antar jemput siswa sekolah. Modalnya bisa menggunakan kendaraan pribadi yang sudah ada, baik motor atau mobil.





Sumber : Suara.COM

Join The Discussion

Compare listings

Compare