Harga Emas Dunia Pudar Lagi, Tertekan Kenaikan Suku Bunga The Fed



Suara.com – Harga emas dunia bergerak melemah pada perdagangan yang fluktuatif pada Kamis, pelemahan ini usai Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga acuannya 75 basis poin yang menyebabkan harga emas menurun.

Mengutip CNBC, Jumat (23/9/2022) harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi USD1.671,20 per ounce setelah merosot lebih dari 1 persen di awal sesi.

Sementara itu, emas berjangka Amerika Serikat ditutup menguat 0,3 persen menjadi USD1.681,10 per ounce.

“Pelemahan (emas) terjadi karena dolar yang lebih kuat (dan) imbal hasil sedikit lebih tinggi. Prospek keseluruhan bagi The Fed adalah lebih banyak kenaikan suku bunga, yang akan membatasi emas,” kata Bob Haberkorn, analis RJO Futures.

Baca Juga:
Harga Emas Pegadaian Satuan Gram Menguat Rp 2 Ribu

Sementara itu dolar naik 0,5 persen membuat emas yang dihargakan dengan greenback  lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain. Imbal hasil US Treasury 10-tahun mencapai level tertinggi 11-tahun.

“Secara keseluruhan, tren akan terus negatif bagi emas karena Federal Reserve mengatakan kepada kita kemarin bahwa mereka bertekad untuk menaikkan suku bunga,” kata Bart Melek, analis TD Securities.

The Fed, sesuai ekspektasi, menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin, Rabu, dan memproyeksikan suku bunga kebijakan akan meningkat ke kisaran 4,25-4,50% pada akhir 2022, dan ke kisaran 4,50-4.75% pada akhir 2023.

Kenaikan suku bunga untuk melawan inflasi yang melonjak cenderung meningkatkan opportunity cost  memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

“Itu, pada akhirnya, membuat emas di bawah USD1.600 – mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama,” papar Melek.

Baca Juga:
The Fed Kerek Suku Bunga, Harga Emas Kembali Berkilau

Investor juga mencermati data Amerika yang menunjukkan klaim awal untuk tunjangan pengangguran naik menjadi 213.000 dibandingkan ekspektasi 218.000 aplikasi untuk pekan terakhir.

Sementara itu logam lainnya, harga perak di pasar spot tidak berubah USD19,58 per ounce, platinum kehilangan 0,8 persen menjadi USD900,68, sementara paladium bertambah 0,6 persen menjadi USD2.166,82.  





Sumber : Suara.COM

Join The Discussion

Compare listings

Compare