Dijuluki ‘Qorun’ oleh Cak Nun, Siapa Anthoni Salim dan 10 Naga?



Suara.com – Sosok budayawan sekaligus pendakwan Emha Ainun Najib alias Cak Nun tengah diterpa angin kontroversi gegara video ceramahnya yang viral.

Cuplikan video ceramah tersebut menyinggung beberapa orang ternama di Indonesia, yakni ada presiden Joko Widodo alias Jokowi dan seorang bernama Anthoni Salim.

Kontroversi publik mencuat gegara Cak Nun menyebut Jokowi sebagai firaun dan menyinggung Anthoni Salim dan 10 Naga adalah penguasa perekonomian dalam negeri.

“Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, oleh Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 naga. Terus Haman yang namanya Luhut,” sindir Cak Nun sebagaimana yang diunggah di video ceramahnya.

Baca Juga:
Preteli Kekuasaan Megawati, Rocky Gerung Sebut Perintah Jokowi ke Prabowo Bentuk Politisasi BIN

Sosok Anthoni Salim merupakan pribadi yang cukup ternama di tengah publik. Namun tak banyak yang tahu soal istilah 10 Naga yang kerap diidentikan dengan Anthoni.

Siapa Anthoni Salim? Sosok konglomerat ternama RI, pemilik perusahaan Indomie

Anthoni Salim adalah pemilik alias CEO Salim Group, sebuah perusahaan konglomerat yang memiliki segudang anak perusahaan dalam negeri yang bergerak dalam bidang pangan.

Beberapa anak perusahaan dari Salim Group adalah Indomie, Supermi, Sarimi, Bogasari, Bimoli, hingga Indomaret.

Kekayaan Anthoni Salim bahkan mendapat perhatian dari dunia luar, dibuktikan dengan namanya masuk ke dalam daftar Forbes.

Baca Juga:
Jokowi Setuju Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Kades, GMNI Udayana Buka Suara

Mengutip daftar tersebut, Anthoni memiliki kekayaan bersih yang ditakar sebesar US$7,5 miliar atau sekitar Rp113 triliun (kurs Rp15.075/US$).

Lantas apa itu 10 Naga

Sebenarnya, istilah yang tepat adalah 9 Naga, yakni sekelompok konglomerat RI yang terdiri atas Anthony Salim dan 8 pengusaha ulung lainnya.

Diduga tambahan satu sosok ’10 Naga’ yang disebutkan oleh Cak Nun adalah presiden Jokowi.

Adapun 8 Naga RI lainnya adalah Robert Budi Hartono, Rusdi Kirana, Sofjan Wanandi, Jacob Soetoyo, James Riady, Tommy Winata,, dan Dato’ Sri Tahir.

Istilah 9 Naga tersebut juga identik dengan rezim Orde Baru, sebab beberapa sumber menyebutkan kesembilan orang tersebut sangat berpengaruh dalam percaturan politik RI berkat kekayaan mereka yang melimpah.

Jatuh bangun sosok Anthoni Salim

Tak heran jika Anthoni Salim masuk ke dalam ‘grup’ 9 Naga tersebut. Sebab dirinya memiliki kekayaan bersih yang berlimpah berkat bisnisnya yang senantiasa berkembang.

Adapun Anthoni Salim memiliki perjalanan karier yang penuh dengan lika-liku. Bisnis Anthoni Salim sempat mengalami keterpurukan saat Krisis Moneter 1998 silam.

Kejatuhan yang dialami oleh Anthoni membentuknya untuk menjadi seorang pebisnis yang bertangan besi. Ia harus memutar otak agar bisnisnya berjalan. Hal itu pun terbukti hingga sekarang, dibuktikan dengan nilai aset Anthoni yang mencapai angka triliunan Rupiah seperti yang disebutkan sebelumnya.

Kontributor : Armand Ilham





Sumber : Suara.COM

Join The Discussion

Compare listings

Compare