CARA Mencari Listing Rumah Idaman

Mencari rumah idaman memang harus jeli dan pro aktif. Cari informasi yang banyak mengenai listing rumah secara offline maupun online mengenai kriteria rumah yang diinginkan dan budget yang sesuai. Supaya anda memiliki banyak pilihan rumah terbaik. Tapi jangan terlalu lama mengambil keputusan, karena rumah idaman anda mungkin saja banyak yang mengincar. Jangan sampai rumah idaman anda ternyata sudah terjual, karena didahului oleh pembeli lain.

Sebaiknya anda menggunakan jasa broker terpercaya dan profesional. Karena anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk membayar komisi kepada broker. Karena broker tersebut telah mendapat komisi dari penjual rumah. Berbeda bila anda menggunakan jasa broker perorangan, mereka biasanya akan menuntut komisi dari pembeli dan penjual rumah tersebut.

Media informasi listing rumah

Berbagai media bisa anda gunakan dalam mencari rumah idaman anda. Berikut ini beberapa media yang bisa anda andalkan dalam mendapatkan rumah yang anda inginkan.

–          Iklan baris koran. Biasanya penjual atau pemilik rumah akan mengiklankannya langsung melalui iklan baris. Setiap hari hampir semua koran menampilkan iklan penjualan rumah ini. Karena bisa langsung berhubungan dengan pemilik, mungkin saja harga rumah yang ditawarkan di bawah harga pasar. Sayangnya informasinya tidak lengkap dan tidak terdapat gambaran fisik rumah. Tapi anda harus teliti dengan melihat lokasi langsung dan kondisi sekitar rumah.

–          Majalah. Media ini sangat digemari karena informasi yang lengkap disertai dengan foto berwarna. Sehingga anda bisa mendapat gambaran fisik rumah tersebut, sebelum anda meninjau lokasi langsung. Harga rumah juga bisa anda dapatkan informasinya langsung.

–          Website atau situs online properti. Media ini menampilkan informasi yang sangat lengkap berkaitan dengan rumah. Bahkan berbagai artikel bermanfaat bisa anda jadikan panduan dalam memilih rumah yang tepat sesuai idaman. Bahkan anda bisa langsung menghubungi customer service situs tersebut, sehingga bisa mendapatkan informasi lebih bahkan negosiasi harga.

–          Agen atau broker properti. Agen profesional akan memberikan daftar rumah sesuai dengan spesifikasinya, seperti lokasi, model bangunan, harga, legalitas dan faktor lainnya. Agen properti bisa membantu dalam menganalisa kelebihan dan kekurangan rumah dalam databasenya. Informasi yang sangat lengkap ini membuat anda bisa menghitung keuntungan dan kerugian pembelian sebuah rumah.

Membuat iklan sendiri

Membuat iklan sendiri bisa anda aplikasikan, jika anda menginginkan rumah idaman dalam waktu cepat atau sulit diperoleh. Berbagai media di atas bisa anda terapkan, sesuai dengan budget dan kecocokan anda. Tapi anda harus waspada, ketika melakukan penyebaran iklan karena akan tercantum informasi pribadi. Karena media cetak dan elektronik bisa diakses siapa saja, termasuk orang yang bermaksud untuk menipu. Disarankan anda bekerjasama dengan broker rumah profesional. Cara ini akan menghemat waktu dan tenaga anda, tentunya terhindar menjadi korban penipuan.

 

Salam

 

ListingRumah.NET

 

Compare listings

Compare